"Sebaik-baik manusia adalah yang berguna bagi yang lainnya"

Selamat Datang di Sofyan Blog's - "Kesuksesan hanya milik mereka yang mau berjuang"

Apa Sih "Selfie" Itu?

sumber gambar
Ah, malam-malam sekali-kali posting bahasa gaul. Biar hidup tidak spaneng terus :). Asyik dan menarik melihat perkembangan bahasa di dunia ini. Bisa diciptakan dengan berbagai cara. Bahasa gaul di dunia ini banyak sekali. Dan diciptakan dengan berbagai bahasa yang menurut saya aneh dan kreatif. Bahasa yang akhir-akhir ini populer adalah "selfie". Saya sendiri juga bingung selfie itu apah? Kok alay gini ya saya? Atau memang saya yang kurang gaul kali ya sehingga tidak tahu bahasa seperti itu. Bukan itu, karena masih banyak yang harus saya pikirkan bukan hanya masalah bahasa gaul, hehe. 

Nah, dari definisi kataSelfie secara harafiah seringkali diartikan sebagai aktivitas memotret diri sendiri atau narsisme. jika ditelusuri lebih dalam pengertian ‘Selfie’ menurut referensi pustakawan Britania adalah “sebuah pengambilan foto diri sendiri melalui media seperti webcam, samarphone atau media lain yang kemudian diungguh ke situs web seperti media sosial.” Nah jelas kan? Foto yang diambil sendiri kemudian diunggah ke media sosial. Entah di Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Namun dalam kamusslang ada definisi dari "selfie". Dan ternyata "selfie " memiliki singkatan. Lagi-lagi saya tidak gaul. Hmmm, Selfie adalah singkatan dari "Self Potrait" yang artinya foto hasil memotret diri sendiri, biasanya dengan smartphone atau webcam, lalu diupload ke social media. Loh, ternyata mirip dengan pernyataan di atas. 

Selfie sesungguhnya bukan hal baru. Foto diri oleh Robert Cornelius tahun 1839, diyakini sebagai Selfie pertama di dunia. Foto tersebut kini ditempatkan di Library of Congress, Washington.

Fenomena Selfie merupakan salah satu fenomena paling booming tahun 2013. Sedemikian fenomenalnya, sehingga Oxford Dictionaries pun menasbihkannya sebagai Word of the Year. “If it is good enough for the Obamas or The Pope, then it is good enough for Word of the Year”, begitu yang ditulis di situs resmi Oxford Dictionaries menyoal Selfie sebagai Word of the year. Memang, foto narsis oleh Barrack Obama hingga Paus Francis beberapa waktu lalu sempat mendongkrak kepopuleran “Selfie”.

Eh, ngapain juga saya posting tentang "selfie". Hitung-hitung sambil ngelatih nulis agar lebih lancar dan terbiasa. Apakah teman-teman menulis juga?Arti kata selfie mungkin teman-teman lebih tahu dari saya. Sebenarnya saya lagi memahami dan dan belajar bahasa gaul. Ngak penting ya? Tapi bukan 4l4y loh! Loh-loh. Gaya tulisannya saja alay gituh! 

Tidak masalah teman-teman mau alay atau tidak. Gaul atau tidak. Yang terpenting bagi kita adalah tetap belajar dan berusaha. Menyambut mimpi-mimpi yang harus diwujudkan. Tetap menatap masa depan dengan sungguhan. Right?

Semoga hari-hari teman-teman indah dan menyenangkan. Salam sukses.

Tag : Serba-serbi
0 Komentar untuk "Apa Sih "Selfie" Itu? "

Sahabat, silahkan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam perjuangan

Back To Top