"Sebaik-baik manusia adalah yang berguna bagi yang lainnya"

Selamat Datang di Sofyan Blog's - "Kesuksesan hanya milik mereka yang mau berjuang"

Pentingnya Character Building Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tidak  lah salah dan tidak pula heran   jika dalam kehidupan kita menjumpai anak-anak dengan berbagai macam karakter. Bukan hanya anak-anak, kalanga remaja dan dewasa pun sudah jauh dari nilai-nilai dan etika yang baik. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini terjadi jelas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Biasa saya menyebutknya sebagai faktor penentu dalam kehidupan. Atau 3 pilar yang menentukan karakter manusia :

1.      Keluarga

2.      Sekolah

3.      Lingkungan atau masyarakat

Pendidikan karakter harus dimulai dari keluarga/rumah, karena keluarga menjadi awal pendidikan bagi anak-anak. Maka orang tua sudah seharusnya sebelum anak menyentuh bangku sekolah ; Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMK/SMA dan Perguruan tinggi, maka pendidikan dari keluarga/rumah menjadi pondasi yang kuat untuk membentuk karakter anak.



Yang Kedua sekolah. Jelas sekolah menjadi pilar membentuk karakter anak, bagaimana anak akan berbaur dengan lingkungan sekolah, teman sekolah, guru-guru dan stakeholder dalam dunia pendidikan sekolah. Ini justru terkadang mengalahkan pendidikan dari rumah. Terkadang orang tua acuh tak acuh; Pokoknya saya serahkan ke sekolah. Orang tua taunya cari nafkah. Ini jelas salah, walaupun diserahkan disekolah, ketika anak berada di rumah tetap diawasi, cara bicaranya, pakaiannya, berteman dengan siapa dan lain sebagainya.

Ketiga Lingkungan. Nah di sini jelas lingkungan sangat andil membentuk karakter anak, mengapa demikian? Karena anak-anak kita akan dibentuk oleh lingkungan sekitar; siapa teman sebayanya, cara bermainnya, ucapannya dan tingkah lakunya. Sudah jelas jika lingkungan sekitar baik maka karakter anak Insyallah akan menjadi baik, jika lingkungan buruk maka keluarga harus bisa berperan aktif untuk mengontrol keseharian anak.

Sebelum beranjak jauh, sebenarnya Character Building itu apa? Dalam bahasa inggris character building berasal dari dua kata yaitu character dan BuildingCharacter  berarti sifat, watak, karakter. Sedangkan building mempunyai makna membangun.

Dari pengertian di atas maka bisa diambil garis bawah, karakter ini berkaitan erat dengan Habit (Kebiasaan). Mengapa demikian? Karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari akan menjadi cermin karakter atau watak anak. Anak-anak baik akan cenderung memiliki sifat yang baik contohnya lebih enak bergaul, suka tersenyum, dan akan membuka hal-hal baru terkait dengan pergaulan sehari-hari.

Selanjutnya aspek terpenting dalam membangun Character building adalah aspek jasmani dan rohani. Aspek jasmani seperti cara bersikap, cara berbuat, cara bicara dll. Sedangkan aspek rohani terkait dengan cara berpikir, sikap dan keyakinan. Kedua hal ini akan menjadi ruh untuk membangun karakter.

Setelah kedua aspek tersebut maka kita harus siap dalam menghadapi era globaliasi, atau bisa disebut dengan era milenial. Karena ada 2 dampak yang ditimbulkan dari era milenial ini terhadap tumbuh kembangnya karakter manusia yaitu :

1.      Dampak Positif

2.      Dampak Negatif

Dampak positif dari era milenial ini  diantaranya adalah dapat mendidik masyarakat untuk memiliki pola pikir cosmopolitan dan pola tindak kompetitif, yaitu masyarakat  suka bekerja keras, mau belajar untuk meningkatkan ketrampilan dan prestasi kerja.

Sedangkan dampak negatif dari era milenial  diantaranya adalah munculnya perilaku konsumtif, maraknya konflik sosial, adanya tindakan-tindakan kriminal, perilaku yang eksklusif dan primordial. Untuk mengantisipasi lebih meluasnya dampak negatif dari arus globalisasi. Maka perlu adanya character building yang tujuannya adalah membuat rumusan dan konsep serta paradigma baru pendidikan yang integral dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas yang dilakukan oleh para pemegang kebijakan pendidikan di Indonesia.

Maka solusi Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan aktualisasi pendidikan nasional yang baru dengan berprinsip kepada, pertama, partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikan, kedua Meratanya proses pendidikan, ketiga sumber daya pendidikan yang professional, keempat sumber daya penunjang yang memadai baik di kota maupun di desa , dan yang kelima membangun pendidikan yang berorientasi kepada kualitas individu berbasis karakter.



Tag : inspirasi
0 Komentar untuk "Pentingnya Character Building Dalam Kehidupan Sehari-Hari "

Sahabat, silahkan tulis komentar yang membangun, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Mari berbagi dalam kebaikan.
Salam perjuangan

Back To Top